JAKARTA, WRC – DPR RI secara resmi mengesahkan lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 yang dilaksanakan dalam rapat paripurna masa persidangan VIII DPR Tahun 2019-2020 yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, pada Senin (16/9/2019).

Agenda paripurna dibuka dengan laporan Komisi III DPR terhadap hasil uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test calon pimpinan KPK. Kelima orang pimpinan KPK periode 2019-2023 tersebut yakni Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango, serta Nurul Ghufron.

“Pemilihan ketua telah diputuskan komisi III, yaitu Firli Bahuri. Sebagai wakil ketua Nawawi Pamolango, ketiga wakil Lili Pintauli Siregar, keempat sebagai wakil ketua Nurul Ghufron dan terakhir sebagai Wakil ketua Alexander Marwata,” kata Ketua Komisi III Aziz Syamsudin.

Kelima pimpinan KPK tersebut sebelumnya telah dipilih berdasarkan hasil voting 10 fraksi di Komisi III DPR RI dengan mengalahkan lima nama calon pimpinan lainnya.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah pun menanyakan persetujuan tentang uji kepatutan pimpinan KPK 2019-2023 kepada anggota yang hadir dalam paripurna tersebut.

“Perkenankan daya menanyakan, apakah laporan Ketua Komisi III tentang uji kepatutan pimpinan KPK 2019-2023 dapat disetujui?” Tanya Fahri.

“Setujuuu,” timpal para anggota yang hadir.

Fahri lantas mengetuk palu sidang sebagai tanda kelima pimpinan baru KPK resmi disahkan.

Kemudian Fahri pun mempersilakan kelima calon pimpinan KPK tersebut untuk menuju ke atas podium untuk bersalaman dan berfoto bersama.

Seperti dikutip dari cnnindonesia, lima nama calon pimpinan KPK itu bakal disampaikan DPR ke Presiden Jokowi paling lambat tujuh hari terhitung sejak hari pemilihan di Komisi III.

Kelima pimpinan baru KPK itu kemungkinan akan mulai bekerja usai dilatik oleh Presiden Jokowi pada 21 Desember mendatang. (vn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *