Jakarta – Jaksa Eksekutor pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi mantan Kasubbag Protokol Bagian Umum Sekretariat Daerah Pemkot Medan, Samsul Fitri ke Lapas Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara. Eksekusi ini dilakukan setelah perkara secara bersama-sama dan berlanjut terkait proyek dan jabatan di lingkungan pemerintahan Kota Medan tahun anggaran 2019 yang menjerat Samsul Fitri berkekuatan hukum tetap atau inkrah.

“Jaksa Eksekusi KPK, melaksanakan Putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi atas nama Terdakwa Samsul Fitri yang telah berkekuatan hukum tetap dengan memasukkannya ke Rumah Tahanan Negara Tanjung Gusta,” kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Minggu (21/6/2020).

Di Rutan Tanjung Gusta, Samsul Fitri yang terbukti menjadi perantara suap mantan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin itu akan menjalani masa pidana penjara sebagaimana diputus di pengadilan tingkat pertama.

“Terpidana akan menjalani pidana penjara selama 4 tahun dikurangi selama berada dalam tahanan,” ungkapnya.

Selain pidana badan, Samsul juga dibebankan untuk membayar denda sejumlah Rp250 juta subsidair 2 bulan kurungan.

“Terpidana dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama yaitu sebagai perantara suap bagi Wali Kota Medan Dzulmi Eldin,” kata Ali.

Dalam perkara yang sama, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Medan telah menjatuhkan hukuman 6 tahun pidana penjara dan denda Rp 500 juta subsider 4 bulan kurungan terhadap Dzulmi Eldin.

Majelis Hakim menyatakan Dzulmi terbukti secara sah dan meyakinkan menerima suap secara bersama-sama dan berlanjut terkait proyek dan jabatan di lingkungan pemerintahan Kota Medan tahun anggaran 2019. Namun, perkara Dzulmi Eldin belum inkrah lantaran saat ini masih dalam upaya banding.

“Perkaranya (Dzulmi Eldin) saat ini masih dalam upaya hukum banding,” kata Ali Fikri.

Sumber Berita: https://www.beritasatu.com/nasional/647517-kpk-eksekusi-perantara-suap-wali-kota-medan-ke-rutan-tanjung-gusta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *