OKU, WRC – Seorang oknum Kepala Desa (Kades) di Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) bernama Kahiruddin (46) ditangkap karena diduga melakukan korupsi Dana Desa (DD) sebesar Rp 404 juta.

Pelaku ditangkap Polisi dan berkas kasusnya sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri OKU guna proses hukum selanjutnya.

Kepala Kepolisian Resor OKU, AKBP Arif Hidayat Ritonga, membenarkan penangkapan tersangka. Tersangka melakukan penggelembungan anggaran dan mengurangi volume pekerjaan pada anggaran DD.

“Dari hasil investigasi, ada kerugian Rp 404.737.000 Dana Desa yang bersumber dari APBN,” ujar Wahyu, Selasa (12/5/2020).

Ditambahkan Wahyu, kerugian itu bermula saat pelaku yang merupakan Kades Pedataran mengajukan anggaran DD pada Juli 2017. Setelah cair, ternyata hanya sebagian yang digunakan untuk keperluan di desa.

Pada tahun 2019, diketahui adanya kerugian DD yang bersumber dari APBN. Terjadi penggelembungan pembelian barang dan pengurangan volume fisik pekerjaan. Polisi lantas melakukan penyelidikan, berhasil memeriksa dan mengamankan tersangka.

“Berdasarkan keterangan pelaku, terungkap bahwa uang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, bahkan ada juga untuk bayar utang Rp80 juta lebih,” katanya.

Atas perbuatanya, sang Kades kini ditahan di Mapolres OKU dan seluruh berkasnya sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri, Rabu 6 Mei lalu. Pelaku terancam Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 Undang-Undang No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *